Arsitektur Komputer
1.Pendahuluan
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data
menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula
dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan
perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata
ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya,
pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah
aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak
berhubungan dengan matematika.
Gambar 1 Arsitektur Komputer
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep
perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer.
Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi
fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain
(kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini,
implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan
terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara
pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram
keras, dll. Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah
arsitektur von Neumann, CISC, RISC, Blue Gene, dll. Arsitektur komputer
juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus
seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk
dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional,
kinerja, dan target biayanya.
2.Evolusi Komputer
Komputer ialah alat bantu perhitungan yang kompleks, komputer sendiri
berevolusi dengan cepat mulai dari generasi pertama hingga sekarang.
Evolusi sendiri didasarkan pada fungsi atau kegunaanya dalam kehidupan.
Evolusi pada komputer sendiri ada karena keinginan atau hal yang
dibutuhkan manusia itu sendiri. Sekarang ini komputer sudah dapat
melakaukan perintah yang sulit sekalipun tidak seperti dulu yang hanya
bisa melakukan yang sederhana saja. Itulah yang dinamakan evolusi
arsitektur yaitu perubahan bentuk juga fungsi dan kemampuannya. namum
dalam perkembangann sejarah evolusi komputer mengalami perkembangan.
pada tahun 1944 komputer mengeluarkan generasi pertamayaitu tabung vakum
yang di namakan ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer),
pada tahun 1946 dirancang dan dibuatoleh John Mauchly dan John Presper
Eckert di Universitas Pennsylvania merupakan komputerdigital elektronik
untuk kebutuhan umum pertama di dunia. ENIAC dibuat di bawah lembaga
Army's Ballistics Research Laboratory (BRL). Sebuah badan yang
bertanggung jawab dalam pembuatan jarak dan tabel lintasan peluru
kendali senjata baru. Sebelumnya tugas ini dilakukanoleh kurang lebih
200 personil dengan menggunakan kalkulator untuk menyelesaikan
persamaanmatematis peluru kendali yang memakan waktu lama.
Gambar 2 Prosesor pada komputer
ENIAC mempunyai berat 30 ton, bervolume 15.000 kaki persegi, dan berisi
lebih dari18.000 tabung vakum. Daya listrik yang dibutuhkan sebesar 140
KW. Kecepatan operasimencapai 5.000 operasi penambahan per detik. ENIAC
masih merupakan mesin desimal,representasi data bilangan dalam bentuk
desimal dan arimetiknya dibuat dalam bentuk desimal.Memorinya terdiri
atas 20 akumulator, yang masing – masing akumulatornya mampumenampung 10
digit desimal. Setiap digit direpresentasikan oleh cincin yang terdiri
atas 10 buahtabung vakum. Kekurangan utama mesin ini adalah masih manual
pemrogramannya, yaitudengan menyetel switch – switch, memasang dan
menanggalkan kabel – kabelnya. ENIACselesai pada tahun 1946 sejak
proposal diajukan tahun 1943, sehingga tahun 1946 merupakangerbang bagi
zaman baru komputer elektronik.
Sejak pesatnya teknologi
semikonduktor hingga menghasilkan komponen transistormembawa perubahan
besar pada dunia komputer. Komputer era ini tidak lagi menggunakantabung
vakum yang memerlukan daya operasional besar, tabung – tabung itu
digantikankomponen kecil bernama transistor. Konsumsi daya listrik amat
kecil dan bentuknyapun relatifkecil.
Transistor ditemukan di
Bell Labs pada tahun 1947 dan tahun 1950 telah meluncurkanrevolusi
elektronika modern. IBM sebagai perusahaan pertama yang meluncurkan
produkkomputer dengan transistor sehingga tetap mendominasi pangsa pasar
komputer. NCR dan RCAadalah perusahaan yang mengembangkan komputer
berukuran kecil saat itu, kemudian diikutiIBM dengan mengeluarkan seri
7000-nya.
Dengan adanya transistor membuat hardware komputer
saat itu makin cepat prosesnya, Memori makin besar kapasitasnya namun
makin kecil bentuknya. Generasi duaini juga terdapat perubahan
perkembangan pada ALU yang makin kompleks, lahirnya bahasapemrograman
tingkat tinggi maupun tersedianya software sistem operasi.Generasi kedua
juga ditandai munculnya Digital Equipment Corporation (DEC) tahun1957
dan meluncurkan komputer pertamanya, yaitu PDP 1. Komputer ini sangat
penting bagiperkembangan komputer generasi ketiga. Pada tahun 1958
terjadi revolusi elektronika kembali, yaitu ditemukannya integrated
circuit (IC) yang merupakan penggabungan komponen – komponen elektronika
dalam suatu paket. Dengan ditemukan IC ini semakin mempercepat proses
komputer. Era keempat perkembangan genarasi komputer ditandai adanya
VLSI. Paket VLSI dapatmenampung 10.000 komponen lebih per kepingnya
dengan kecepatan operasi mencapai 100jutaoperasi per detiknya.
mengilustrasikan perkembangan mikroprosesor Pentiumterhadap jumlah
transistor per kepingnya. Masa – masa ini diawali peluncuran
mikroprosesor Intel seri 4004. Mikroprosesor 4004dapat menambahkan dua
bilangan 4 bit dan hanya dapat mengalikan dengan cara
pengulanganpenambahan. Memang masih primitif, namun mikroprosesor ini
tonggak perkembanganmikroprosesor – mikroprosesor canggih saat ini.
Tidak ada ukuran pasti dalam melihatmikroprosesor, namun ukuran terbaik
adalah lebar bus data : jumlah bit data yang dapat dikirim –diterima
mikroprosesor. Ukuran lain adalah jumlah bit dalam register.
3.Klarifikasi Arsitektur
Komputer memiliki klarifikasi agart lebih terarah dalam
pengembangannya, dalam klarifikasi komputer di bagi menjadi dua bagian
yaitu Arsitektur von Neumann dan Arsitektur non von Neumann. Arsitektur von Neumann (atau Mesin Von Neumann) adalah arsitektur yang
diciptakan oleh john von Neumann (1903-1957). Arsitektur ini digunakan
oleh hampir semua komputer saat ini. Arsitektur Von Neumann
menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan
Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara
kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat,
“bus”.
Taksonomi Flynn, dalam arsitektur komputer, adalah
sebuah klasifikasi yang dibuat oleh Michael J.Flynn pada tahun 1966.
Klasifikasi ini dibuat berdasarkan jumlah intruksi yang berjalan
simultan dan konkuren, dan juga aliran data yang diprosesnya. dalam
Taksonomi Flynn, komputer dibagi menjadi empat buah kelas, yakni
a. Single Instruction Single Data Stream (SISD), yaitu sebuah
komputer yang tidak memiliki cara untuk melakukan paralelisasi terhadap
instruksi atau data. Contoh mesin SISD adalah PC tradisional atau
mainframe yang tua.
b. Multiple Instruction, Single Data Sream (MISD), yaitu sebuah komputer yang dapat melakukan banyak instruksi terhadap satu aliran data. Komputer ini, tidak memiliki contoh, karena meski pernah dibuat, hal itu dibuat sebagai purwarupa (prototipe), dan tidak pernah dirilis secara massal.
c. Single Instruction, Multiple Data Stream (SIMD), yaitu sebuah komputer
yang mampu memproses banyak aliran data dengan hanya satu instruksi,
sehingga operasi yang dilakukan adalah operasi paralel. Contoh dari SIMD
adalah prosesor larik (array processor), atau GPU.
d. Multiple
Instruction, Multiple Data stream (MIMD), yaitu sebuah komputer yang
memiliki beberapa prosesor yang bersifat otonomus yang mampu melakukan
instruksi yang berbeda pada data yang berbeda. Sistem terdistribusi
umumnya dikenal sebagai MIMD, entah itu menggunakan satu ruangan memori
secara bersama-sama atau sebuah ruangan memori yang terdistribusi
(MIMD), yaitu sebuah komputer yang memiliki beberapa prosesor yang
bersifat otonomus yang mampu melakukan instruksi yang berbeda pada data
yang berbeda. Sistem terdistribusi umumnya dikenal sebagai MIMD, entah
itu menggunakan satu ruangan memori secara bersama-sama atau sebuah
ruangan memori yang terdistribusi.
4.Kualitas arsitektur
Kualitas arsitektur komputer merupakan suatu yang menentukan komputer
itu baik atau tidak. Komputer dikatakan baik jika memiliki kualitas yang
baik dalam hal apapun. Begitu juga komputer dikatakan tidak baik jika
komputer tersebut tidak dapat memenuhi apa yg diperintahkan atau
diinginkan pengguna. Hal yang dipenuhi inilah yang disebut dengan
kualitas. Adapun kualitas arsitektur komputer yaitu :
1. Generalitas adalah ukuran besamya jangkauan aplikasi yang bisa cocok dengan arsitektur.
2. Daya terap (applicability) adalah pemanfaatan arsitektur untuk penggunaan yang telah direncanakannya.
3. Efisiensi adalah ukuran rata-rata jurnlah hardware dalam komputer yang selalu sibuk selama penggunaannya biasa.
4. Kemudahan penggunaan arsitektur adalah ukuran kesederhanan bagi
programmer sistem untuk mengembangkan atau membuat software untuk
arsitektur tersebut, misalnya sistem pengoperasiannya atau compilernya.
Oleh karena itu, kemudahan penggunaan ini merupakan fungsi ISA dan
berkaitan erat dengan generalitas.
5. Daya terap arsitektur
adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk mengimplementasikan
komputer (yang mempunyai arsitektur itu) dalam jangkauan yang luas.
Lebih spesifik arsitekturnya, maka akan lebih sulit untuk membuat mesin
yang berbeda ukuran dan kinerjanya dari yang lain.
6. Daya
kembang (expandability) adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk
meningkatkan kemampuan arsitektur, misalnya kemampuan ukuran memori
maksimumnya atau kemampuan aritmetiknya. Umumnya, spesifikasi rumpun
komputer memungkinkan perancang untuk menggunakan ukuran memori yang
berjangkauan luas dalarn anggota rumpun.
5.Faktor Keberhasilan
Kinerja sistem sebagian ditentukan oleh kecepatan komputer. Untuk
mengukur kinerja komputer, para arsitek menjalankan serangakian program
yang standart, yang disebut benchmark,pada komputer. Benchmark ini
memungkinkan arsitek untuk menentukan kecepatan relatif dari semua
komputer yang menjalankan benchmark tersebut dan menentukan kecepatan
absolute dari tiap komputer. Hasilnya bermanfaat bagi arsitek untuk
melaporkan kinerja sistem dengan menggunakan berbagai performance
metrics (metrik kinerja).
Ada dua jenis ukuran benchmark biasa
yang digunakan untuk: mengukur kecepatan komputer dalam MFLOPS. Tentu
saja, juga ada MFLOPS tertinggi dan GFLOPS tertinggi, seperti MIPS
tertinggi Vectorization (vektorisasi) adalah penggabungan program agar
mereka dapat berjalan pada komputer yang mempunyai instruksi vektor
secara efisien. Satu VUP adalah sekitar 0,5 IBM MIPS. Dua benchmark yang
lebih barn adalah SPEC Benchmark Suite dan Perfect Club. Ukuran Kinerja
Yang Lain. Ada tiga metrik yang dapat digunakan untuk sistem memori.
Memory bandwidth. adalah jumlah megabyte per detik yang dapat dikirimkan
oleh memori ke prosesor. Memory access time adalah rata-rata waktu yang
dibutuhkan oleh CPU untuk mengakses memori, yang biasanya dinyatakan
dalam nanosecond.Memory size adalah volume data yang dapat diampu
(disimpan) oleh memori, biasanya dinyatakan dalam megabyte.
6. Struktur dasar komputer & Organisasi Komputer
Suatu sistem komputer terdiri dari lima unit struktur dasar, yaitu:
Unit masukan (Input Unit)
Unit kontrol (Control Unit)
Unit logika dan aritmatika (Arithmetic & Logical Unit / ALU)
Unit memori/penyimpanan (Memory / Storage Unit)
Unit keluaran (Output Unit)
6.1 CPU
Control Unit dan ALU membentuk suatu unit tersendiri yang
disebut Central Processing Unit (CPU). Hubungan antar masing-masing
unit yang membentuk suatu sistem komputer dapat dilihat pada gambar
berikut:
Gambar 3 Struktur dasar sistem komputer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar